My Ideas and Stories About PAPUA

Making the rich and beautiful resources in Papua become the social economic strength for Papuan has become the long home works. Many people believe that the early start to find the answer is by understanding how Papua looks like, their communities and their special strength. And it can be realize by directly in touch with them. This blogs provides you chance to touch and gets insight ideas, trends and stories about Papua.

Senin, 08 Juni 2009

Penghidupan Masyarakat Adat Esania dan Sumber Daya Hutannya



Mengetahui besar kontribusi hutan bagi keberlangsungan hidup suatu masyarakat yang hidup disekitar hutan merupakan salah satu kunci dalam menelusuri program pembangunan yang sesuai untuk mereka. Kontribusi disini diartikan sebagai peran hutan terhadap segala sesuatu yang dihasilkan dan digunakan suatu masyarakat dari hutan baik berupa penghasilan dalam bentuk uang tunai, maupun penghasilan yang langsung dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Berbagai metode telah digunakan untuk melihat seberapa besar kontribusi hutan bagi suatu masyarakat yang hidup disekitar hutan. Pendekatan yang umum digunakan adalah pendekatan annual income (pendapatan tahunan). Perkiraan pendapatan dari masyarakat yang hidup disekitar hutan merupakan salah satu kunci dalam memahami kehidupan mereka dan pola penggunaan dari hutan. Menurut Wolenberg dan Nawir (1998), income merupakan indicator penting dari masyarakat kehidupan masyarakat sekitar hutan. Income juga dapat digunakan untuk menilai dampak dari program-program pembangunan, perkembangan pasar dan dunia usaha masyarakat.

Satu metode yang sudah digunakan dalam melihat besarnya kontrbusi hutan bagi masyarakat dan dapat digunakan untuk menelusuri masalah-masalah kehutanan yang dialami masyarakat adalah dengan Alat Bantu Analisi Kemiskinan. Metode ini mampu mengetahui besar konttribusi hutan disetiap level ekonomi rumah tangga dan sekaligus megetahui pendapat dari gender yang berbeda dari kudua level ekonomi rumah tangga tersebut. Selain itu responden juga diajak untuk berpikir bersama tentang solusi dari masalah yang dihadapi yang berkaitan dengan pengelolaan hutan.

The Samdhana Institute bersama Perkumpulan Perdu dengan dukungan dana dari IUCN sedang melaksanakan program ‘livelihoods and landscapes strategy (LLS)’ di Jasirah Bomberai, Papua Barat. Tujuan umum dari kerjasama tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jasirah Bomberai serta mendorong pengelolaan sumber daya alam secara bekelanjutan. Adapun salah satu strategi untuk mencapai tujuan umum diatas adalah dengan mendukung pengambilan keputusan oleh pihak Pemda yang berpihak pada pengelolaan berkelanjutan dan memperhitungkan kepenting masyarakat. Untuk mencapai tujuan dan strategi diatas maka serangkai kegiatan dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang karakteristik masyarakat untuk menemukan pola terbaik dalam pembangunan.

Dan salah satu kegiatan dari rangkaian itu adalah proses analisis kemiskinan ini. Dengan harapan melalui kegiatan ini akan diperoleh informasi yang berhubungan dengan karakteristik kehidupan rumah tangga dari masyarakat yang hidup disekitar hutan. Serta diperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah-masalah penggunaan lahan dan hutan yang dialami masyarakat.

Tittle: Profor - IUCN Penerapan Alat Bantu Forest Povety Toolkit
           di Kampung Esania - Distrik Buruway - Kab Kaimana
Author : IUCN - PEMALI - PERDU
Editor  : Yunus Yumte
Year    : 2009


DOWNLOAD

1 komentar:

  1. ko hebat, tulis terus,
    sa suka deng alam papua
    tapi dia pu masyarakat tu,, sa tra suka,,dorang suka main gertak,, tapi itu dia pu keunikan, bukan ?.
    salam kenal dari saya,
    ex penjelajah papua

    BalasHapus