My Ideas and Stories About PAPUA

Making the rich and beautiful resources in Papua become the social economic strength for Papuan has become the long home works. Many people believe that the early start to find the answer is by understanding how Papua looks like, their communities and their special strength. And it can be realize by directly in touch with them. This blogs provides you chance to touch and gets insight ideas, trends and stories about Papua.

Minggu, 30 Oktober 2016

Video: Sidang Adat Abun, Tujuan dan Harapan Penataan Hak-Hak Masyarakat Adat




Diawali dengan tarian dan nyanyian penuh semangat yang mengantar pada prosesi adat tikam Babi untuk panggil roh Nenek Moyang Dua Marga Besar di Suku Abun dan Mpur yaitu Wabia dan Yessa acara sidang adat 8 Marga di Suku Mpur dan Abun yang bertempat di Kampung Waibem ini Dimulai. Sidang adat yang digagas oleh Pemerintah Daerah dan difasilitasi aktif oleh Kelompok AKA WUON dan Marwasnath ini berjalan cukup padat, lancar sekalipun beberapa kesepakatan yang diharapkan untuk penataan struktur, kesepakatan batas adat dan penegasan aturan adat dari setiap marga tetap terus berkembang. Selain dari pada proses sosial diskusi yang pada dan sangat dinamis serta pada beberapa sesi ada ketegangan emosional ketika berbicara mengenai kepemilikan Tanah Adat dan sejarahnya saya sangat kagum dengan ketenangan dan kematangan kemampuan fasilitasi yang dijalankan oleh dua kelompok/lembaga yaitu AKA WUON dan Marwasnath. Ya mereka secara keseluruhan adalah pemuda-pemudi dari Tambrauw ini secara sukarela dengan militansi yang tumbuh dari kesadaran akan pentingnya penataan hak dalam upaya pengaturan pemanfaatan SDA berkelanjutan secara aktif memfasilitasi komunitasnya untuk secara serius mendiskusikan hal-hal yang bagi orang luar dinilai sangat sensitif utnuk di angkat.

Pertanyaan yang muncul adalah: kenapa mereka melakukan ini? Apa mimpi dan harapan yang mereka pikirkan dari proses sidang-sidang adat yang secara padat mereka fasilitasi? Bagaimana proses yang selama ini mereka lalui? Serta apa pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat adat yang lain? Berikut adalah video petikan wawancara dengan mereka yang secara aktif terlibat dalam fasilitasi sidang-sidang atau musyawarah adat di adat di Tambrauw.


0 komentar:

Posting Komentar